Pemetaan Materi Matematika SMA Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021
Pemetaan Materi Matematika Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran3.3.1 |
Fungsi Eksponensial dan Logaritma
|
·
Mencermati pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar. ·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma ·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
·
Skalar dan
vektor serta operasi aljabar vektor ·
Sifat
kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga; segi empat dan lingkaran; dalil
titik tengah dan dalil intersep pada segitiga, dalil segmen garis |
·
Mencermati
deskripsi konsep skalar dan vektor, penggunaan skalar dan vektor untuk membuktikan
berbagai sifat yang terkait dengan jarak dan sudut · Mencermati
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan skalar dan vektor · Mencermati
sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga ·
Mencermati
sifat segi empat dan lingkaran · Menggunakan
dalil titik tengah dan dalil intersept pada segitiga untuk menyelesaikan
masalah geometri · Menggunakan
dalil segmen garis untuk menyelesaikan masalah geometri · Menyelesaikanmasalah
yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor,
panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang)
dan berdimens itiga · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tig | |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
3.1
Menjelaskan metode pembuktian
Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan
induksi matematika |
Induksi
Matematika · Metode
pembuktian langsung dan tidak langsung · Kontradiksi
· Induksi
Matematis |
4.1
Menggunakan metode pembuktian induksi
matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagian |
|
3.
2 Menjelaskan program linear dua
variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual |
Program
Linear Dua Variabel · Pengertian
Program Linear Dua Variabel · Sistem
Pertidaksamaan Linier Dua Variabel · Nilai
Optimum Fungsi Objektif · Penerapan
Program Liniear Dua Variabel |
4.2
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan program linear dua variabel |
|
3.3
Menjelaskan matriks dan kesamaan
matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada
matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan
perkalian, serta transpose |
Matriks · Pengertian
Matriks · Operasi
Matriks · Determinan
dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 · Pemakaian
Matriks pada Transformasi Geometri |
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan matriks dan operasinya |
|
3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan
invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 |
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 |
|
3.5
Menganalisis dan membandingkan
transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks |
|
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan
rotasi) |
|
3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah
pada barisan Aritmetika dan Geometri |
Barisan
dan Deret · Pola
Bilangan · Barisan
dan Deret Aritmatika · Barisan
dan Deret Geometri |
4.6
Menggunakan pola barisan aritmetika
atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
(termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas) |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
3.7
Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya,
serta menentukan eksistensinya |
Limit
Fungsi Aljabar · Konsep
limit fungsi aljabar · Sifat-sifat
limit fungsi aljabar · Menentukan
nilai limit fungsi aljabar |
4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan limit fungsi aljabar |
|
3.8
Menjelaskan sifat-sifat turunan
fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi
atau sifat-sifat turunan fungsi |
Turunan
Fungsi Aljabar · Pengertian
Turunan · Sifat-Sifat
Turunan Fungsi Aljabar · Penerapan
Turunan Fungsi Aljabar · Nilai-Nilai
Stasioner · Fungsi
Naik dan Fungsi Turun · Persamaan
Garis Singgung dan Garis Normal |
4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar |
|
3.9
Menganalisis keberkaitanan turunan
pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva |
|
4.9
Menggunakan turunan pertama fungsi
untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan
garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual |
|
3.10
Mendeskripsikan integral tak tentu
(anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan
sifat-sifat turunan fungsi |
Integral
Tak Tentu Fungsi Aljabar · Pengertian
Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Sifat-Sifat
Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Penerapan
Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar |
4.10
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) |
Geometri
Ruang -
Jarak antar Titik -
Jarak Titik ke Garis -
Jarak Titik ke Bidang |
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar
titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) |
|
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram |
Statistika -
Penyajian data -
Ukuran Pemusatan data -
Ukuran Penyebaran Data |
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui
masalah kontekstual |
Kaidah Pencacahan -
Aturan Penjumlahan -
Aturan Perkalian -
Permutasi dan Kombinasi |
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) |
|
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak |
Peluang
Kejadian Majemuk -
Kejadian saling bebas -
Kejadian saling lepas -
Peluang kejadian bersyarat |
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas,
saling lepas, dan kejadian bersyarat) |
0 Response to "Pemetaan Materi Matematika SMA Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021"
Post a Comment