Telaah Pembelajaran Berdiferensiasi PPG Guru Tertentu 2024
Hi Sobat SM4TIK!!
Senang sekali bisa berjumpa kembali. Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan pemahaman berkenaan dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Sekedar menginformasikan juga bahwa konten atau artikel yang saya tulis ini merupakan tugas PPG Guru tertentu Tahun 2024 Piloting Tahap ke-2. Adapun tugasnya adalah mempublikasikan hasil Telaah Video 1 (Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Konten, Video 2 (Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Proses, dan Video 3 (Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Produk) pada Modul 1 Prinsip Pengajaran dan Asesmen untuk Topik 2 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi.
Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan yang memahami bahwa tiap peserta didik memiliki kebutuhan dan juga kemampuan yang berbeda-beda. Dengan menggunakan metode berdiferensiasi, peserta didik akan mendapatkan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam bidang materi pembelajaran, metode pengajaran dan juga metode penilaian.
Pembelajaran berdiferensiasi memiliki tujuan untuk memastikan bahwa setiap peserta didik akan dapat memaksimalkan potensi mereka dan dapat meningkatkan motivasi dalam belajar. Dalam metode ini, peserta didik akan mendapatkan kebebasan memilih topik belajar yang mereka minati dan ingin mereka dalami. Hal ini akan membantu agar peserta didik bisa fokus dalam suatu materi yang mereka senangi dan mau termotivasi untuk belajar. Metode belajar ini juga menerapkan metode pengajaran yang variatif. Dengan begitu, proses belajar akan jadi lebih efektif dan efisien. Metode penilaian untuk proses pembelajaran juga cukup berbeda. Setiap peserta didik pasti memiliki kekuatan dan kekurangan yang berbeda. Maka dari itu penilaian akan guru lakukan dengan menyesuaikan kemampuan dan prestasi serta kebutuhan peserta didik. Hal ini akan membantu siswa agar mendapatkan apresiasi terhadap kemampuan masing-masing.
Hasil Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi
Video 1 : Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Konten
Demikian artikel atau informasi yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat SM4TIK khususnya dan para pembaca yang berkenan berkunjung ke Blog SM4TIK. Saya sangat mengharapkan komentar, saran dan atau keritiknya untuk saya jadikan umpan balik tugas ini dan juga agar kedepannya semakin bersemangat menulis. Jangan lupa tinggalkan komentarnya yaa!!!
Sekian, sampai jumpa lagi di artikel atau informasi berikutnya. Wassalam.....
Konten yang sangat menarik. Dengan pembelajaran diferensiasi murid lebih bersemangat belajar.
ReplyDeleteSejauh ini pembelajaran berdiferensiasi sangat menarik untuk digunaan sebagai model pada pembelajaran di kelas. Kita bisa memilih konten, proses atau produk sebagai diferensiasi pembelajaran.
ReplyDeleteSaya guru olahraga. Pembelajaran diferensiasi bisa saya terapkan dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik lebih tertarik untuk belajar.
ReplyDeleteTerimakasih
ReplyDelete