Pemetaan Materi Matematika Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pemetaan Materi Matematika Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1. Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya | Fungsi Eksponensial dan Logaritma
| · Mencermati pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar. · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan logaritma |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.2. Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga | · Skalar dan vektor serta operasi aljabar vektor · Sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga; segi empat dan lingkaran; dalil titik tengah dan dalil intersep pada segitiga, dalil segmen garis | · Mencermati deskripsi konsep skalar dan vektor, penggunaan skalar dan vektor untuk membuktikan berbagai sifat yang terkait dengan jarak dan sudut · Mencermati penyelesaian masalah yang berkaitan dengan skalar dan vektor · Mencermati sifat kesimetrian dan sifat sudut pada segitiga · Mencermati sifat segi empat dan lingkaran · Menggunakan dalil titik tengah dan dalil intersept pada segitiga untuk menyelesaikan masalah geometri · Menggunakan dalil segmen garis untuk menyelesaikan masalah geometri · Menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimens itiga · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga |
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalamruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran |
3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan induksi matematika | Induksi Matematika · Metode pembuktian langsung dan tidak langsung · Kontradiksi · Induksi Matematis |
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian | |
3. 2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual | Program Linear Dua Variabel · Pengertian Program Linear Dua Variabel · Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel · Nilai Optimum Fungsi Objektif · Penerapan Program Liniear Dua Variabel |
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel | |
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose | Matriks · Pengertian Matriks · Operasi Matriks · Determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 · Pemakaian Matriks pada Transformasi Geometri
|
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya | |
3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 | |
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 | |
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks | |
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi) | |
3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri | Barisan dan Deret · Pola Bilangan · Barisan dan Deret Aritmatika · Barisan dan Deret Geometri |
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas) |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran |
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya | Limit Fungsi Aljabar · Konsep limit fungsi aljabar · Sifat-sifat limit fungsi aljabar · Menentukan nilai limit fungsi aljabar |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar | |
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi | Turunan Fungsi Aljabar · Pengertian Turunan · Sifat-Sifat Turunan Fungsi Aljabar · Penerapan Turunan Fungsi Aljabar · Nilai-Nilai Stasioner · Fungsi Naik dan Fungsi Turun · Persamaan Garis Singgung dan Garis Normal
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar | |
3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva | |
4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual | |
3.10 Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi | Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Pengertian Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Sifat-Sifat Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar · Penerapan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok |
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) | Geometri Ruang - Jarak antar Titik - Jarak Titik ke Garis - Jarak Titik ke Bidang |
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) | |
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram | Statistika - Penyajian data - Ukuran Pemusatan data - Ukuran Penyebaran Data
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok |
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual | Kaidah Pencacahan - Aturan Penjumlahan - Aturan Perkalian - Permutasi dan Kombinasi
|
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) | |
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak | Peluang Kejadian Majemuk - Kejadian saling bebas - Kejadian saling lepas - Peluang kejadian bersyarat |
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) |
0 Response to "Pemetaan Materi Matematika Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 "
Post a Comment